Nama kelompok : Titis Melanty
Joy Yakin T.P
Reinhart Binsar
Fitrah Syuhada
Pengelolaan Web
·
Institusi
Pengelola Internet atau Web
Walaupun riset tentang internet
diawali dari proyek ARPANET dan berkembang dari kolaborasi penelitian institusi
militer dan pendidikan, namun infrastruktur dan teknologi internet saat ini
bisa dikatakan bukan milik suatu institusi atau perorangan ataupun negara.
Sekarang internet merupakan sebuah enterprise kolaboratif dan
kolektif yang terbuka. Ada sejumlah organisasi atau lembaga yang memiliki
pengaruh terhadap perkembangan internet serta menjadi guide atas
perkembangan internet dan web, diantaranya adalah :
1.
World
Wide Web Consortium (W3C)
World Wide Web
Consortium (W3C) didirikan oleh Tim Berners-Lee setelah ia meninggalkan
Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN) pada bulan Oktober, 1994. Ini
didirikan di Institut Teknologi Massachusetts Laboratorium Ilmu Komputer (MIT /
LCS) dengan dukungan dari Komisi Eropa dan Defense Advanced Research Projects
Agency (DARPA), yang telah merintis internet.
W3C diciptakan untuk memastikan
kompatibilitas dan kesepakatan di antara anggota industri dalam penerapan
standar baru. Sebelum penciptaan, versi kompatibel dari HTML ditawarkan oleh
vendor yang berbeda, meningkatkan potensi inkonsistensi antara halaman web.
Konsorsium ini dibentuk untuk mendapatkan semua vendor untuk menyepakati
seperangkat prinsip inti dan komponen yang akan didukung oleh semua orang.
2.
Internet
Engineering Task Force (IETF)
Internet
Engineering Task Force (disingkat IETF), merupakan sebuah organisasi yang
menjaring banyak pihak (baik itu individual ataupun organisasional) yang
tertarik dalam pengembangan jaringan komputer dan Internet. Organisasi ini
diatur oleh IESG (Internet Engineering Steering Group), dan diberi tugas untuk
mempelajari masalah-masalah teknik yang terjadi dalam jaringan komputer dan
Internet, dan kemudian mengusulkan solusi dari masalah tersebut kepada IAB
(Internet Architecture Board). Pekerjaan IETF dilakukan oleh banyak kelompok
kerja (disebut sebagai Working Groups) yang berkonsentrasi di satu bagian topik
saja, seperti halnya keamanan, routing, dan lainnya. IETF merupakan pihak yang
mempublikasikan spesifikasi yang membuat standar protokol TCP/IP
3.
Internet
Architecture Board (IAB):
IAB
(Internet Architecture Board) IAB adalah kelompok penasehat teknis dari ISOC
(Internet Society). Tanggung jawabnya adalah untuk menunjuk kursi IETF baru dan
calon IESG, berfungsi sebagai dewan banding, mengelola konten editorial dan
publikasi (RFC), dan menyediakan layanan ke Internet Society. Situs Web IAB
adalah di http://www.iab.org/iab .
4.
Internet
Society (ISOC):
ISOC
(Internet Society) ISOC adalah organisasi internasional nonpemerintah untuk
mempromosikan kerjasama global dan koordinasi untuk Internet, dan perusahaan
teknologi internetworking dan aplikasi. ISOC menyetujui janji ke IAB dari
nominasi yang diajukan oleh Komite Nominasi IETF. Situs Web ISOC adalah di
http://www.isoc.org .
5.
ICANN
(internet Corporation for Assigned Names and Numbers)
ICANN,
singkatan dari Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, adalah
organisasi nirlaba yang didirikan pada 18 September 1998 dan resmi berbadan
hukum pada 30 September 1998 [1]. Organisasi yang berkantor pusat di Marina Del
Rey, California ini ditujukan untuk mengawasi beberapa tugas yang terkait
dengan Internet yang sebelumnya dilakukan langsung atas nama pemerintah Amerika
Serikat oleh beberapa organisasi lain, terutama Internet Assigned Numbers
Authority (IANA)
• Pemerintahan:
Hukum privasi, hukum hak cipta Copyright)
Hukum Privasi
Dalam arti sempit privasi dapat diartikan kekuatan
anda untuk mengendalikan orang lain ketahui tentang diri anda, atau kekuatan
mengontrol kebenaran diri anda untuk diketahui orang lain ; dalam
kebohongan/penipuan dikendalikan melalui hukum pidana, sedang privasi disini
berkaitan dengan kemampuan anda untuk menyembunyikan suatu kebenaran.
Ada 2 macam kebenaran dimungkinkan untuk dilindungi
oleh hukum :
-
kebenaran
tentang informasi atau data diri anda yang telah terbuka ke publik, baik dengan
cara memberikan informasi kepada orang lain, atau berdasarkan info yang
diperoleh dari hasil pengamatan public
-
kebenaran
info anda yang telah disimpan secara pribadi
Kerahasiaan pribadi (Bahasa
Inggris: privacy) adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk
mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk
mengontrol arus informasi mengenai diri mereka. Privasi kadang dihubungkan
dengan anonimitas walaupun anonimitas terutama lebih dihargai oleh orang yang
dikenal publik. Privasi dapat dianggap sebagai suatu aspek dari keamanan.
Hak pelanggaran privasi oleh
pemerintah, perusahaan, atau individual menjadi bagian di dalam hukum di banyak
negara, dan kadang, konstitusi atau hukum privasi. Hampir semua negara memiliki
hukum yang, dengan berbagai cara, membatasi privasi, sebagai contoh, aturan
pajak umumnya mengharuskan pemberian informasi mengenai pendapatan. Pada
beberapa negara, privasi individu dapat bertentangan dengan aturan kebebasan
berbicara, dan beberapa aturan hukum mengharuskan pemaparan informasi publik
yang dapat dianggap pribadi di negara atau budaya lain.
Privasi dapat secara sukarela
dikorbankan, umumnya demi keuntungan tertentu, dengan risiko hanya menghasilkan
sedikit keuntungan dan dapat disertai bahaya tertentu atau bahkan kerugian.
Contohnya adalah pengorbanan privasi untuk mengikut suatu undian atau
kompetisi; seseorang memberikan detail personalnya (sering untuk kepentingan
periklanan) untuk mendapatkan kesempatan memenangkan suatu hadiah. Contoh
lainnya adalah jika informasi yang secara sukarela diberikan tersebut dicuri
atau disalahgunakan seperti pada pencurian identitas.
Hukum Hak Cipta Copyright
Pada zaman yang modern ini, semua
segala sesuatu pastinya sudah dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih
yang tak terkirakan hebatnya. Sejalan dengan perkembangan zaman, tentu pula
hadir berbagai pelanggaran-pelanggaran yang menyalahi hukum.
Sebagai contoh adalah
masalah-masalah yang memiliki sangkut paut dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual
yang lebih dikenal dengan singkatan HAKI. Didalam HAKI terdapat berbagai macam
hak-hak yang diatur dalam hukum, yang salah satuny adalah mengenai Hak Cipta
yang akan kita bahas kali ini.
Hak Cipta merupakan hak ekslusif
dari si pencipta atau pemegang hak cipta untuk mengatur mengenai penggunaan
hasil cipta atas suatu informasi tertentu. Namun, pada intinnya atau pada
dasarnya Hak Cipta dapat dikatakan sebagai hak yang digunakan untuk menyalin
suatu hasil ciptaan. Selain itu, disini Hak Cipta memberikan kuasa penuh bagi
pemegang hak untuk memungkinkan pemegang dari hak tersebut membatasi hal-hal
mengenai penggandaan-penggandaan yang tidak sah atas suatu ciptaannya.
Hak cipta bukanlah merupaka suatu
hak monopoli untuk melakukan sesuatu, melainkan merupakan suatu hak untuk
mencegah orang lain yang melakukannya. Di indonesia masalah mengenai hak cipta
diatur dalam undang-undang hak cipta yang sampai saat ini masih berlaku, yaitu
undang-undang nomor 19 tahun 2002.Dalam undang-undang tersebut, memuat
pengertian hak cipta yang merupakan “hak eksklusif bagi pencipta atau penerima
hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk
itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan
perundang-undangan yang berlaku” (pasal 1 butir 1).
Walaupun begitu, Hak Cipta
tentunya juga memiliki batas-batas tertentu untuk masa berlakunya. Kebanyakan
negara didunia memiliki jangka waktu berlaku hak cipta adalah seumur hidup
penciptanya ditambah lagi dengan 50 tahun atau ditambah 70 tahun. Namun, secara
umum Hak Cipta akan habis masa berlakunya pada akhir tahun yang bersangkutan,
bukan pada tanggal meninggalnya sang pencipta.
Di Indonesia, jangka waktu
perlindungan pada hak cipta secara umum adalah seumur hidup penciptanya
ditambah lagi 50 tahun atau 50 tahun setelah pertama kalinya hasil cipta
tersebut diumumkan atau dibuat, kecuali pada 20 tahun setelah petama kalinya
hasil citpa disiarkan. Atau juga tanpa batasan waktu dalam hak moral
pencantuman nama penciptanya pada ciptaan dan serta untuk hak cipta yang
dipegang oleh Negara atas folklor atau hasil kebudayaan rakyat yang akan
menjadi milik bersama. Hal ini seperti yang sudah tercantum pada undang-undang
nomor 19 tahun 2001 bab III dan pasal 50.
Hak cipta mencangkup karya cipta
ataupun karya seni, baik itu dalam bentuk film, lagu, cerita ataupun hal-hal
lainnya. Hak cipta juga memiliki hak ekslusif yang menjelaskan bahwa hanya pemegang
hak ciptalah yang bebas dalam melaksanakan hak cipta tersebut, sementara pihak
lain dilarang untuk melaksanakan hak cipta tersebut tanpa persetujuan dari
pemegang hak cipta tersebut.
Beberapa hak ekslusif yang pada
umumnya diberikan kepada pemegang hak cipta adalh sebagai berikut:
1. Membuat salinan ciptaan dan
menjual hasil salinan tersebut termasuk salinan dalam bentuk elektronik.
2. Mengimpor serta mengekspor
hasil ciptaan.
3. Menciptakan karya turunan atas
ciptaan(mengadaptasi ciptaan).
4. Menampilkan hasil ciptaan
didepan umum.
5. Menjual hak ekslusif tersebut
kepada pihak lain.
Namun Hak Cipta akan diakui telah
memiliki pencipta apabila dalam hasil ciptaannya tersebut memuat lambang
internasional copyright. Lambang internasional dari hak cipta tersebut
berlambang © atau biasa lebih dikenal
dengan sebutan copyright. Lambang ini merupakan lambang unicode 00A9 dalam
heksadesimal dan dapat diketikkan dalam (X)HTML sebagai ©, ©, atau ©.
Namun tak cukup hanya dengan
mencantumkan copyrightnya saja. Agar suatu hasil ciptaan tidak dibajak maka
hasil ciptaan tersebut juga harus memuat suatu pemberitahuan hak cipta atau
copyright notice dalam hasil ciptaannya. Pemberitahuan tersebuat haruslah
terdiri atas lambang © atau kata
copyright yang kemudian diikuti dengan tahun Hak Cipta beserta pemegang Hak
Cipta tersebut. Apabila suatu ketika ciptaan tersebut diterbitkan kembali dalam
edisi baru maka Hak Ciptanya harus didaftarkan ulang dan akan tertulis beberapa
angka tahun. Pemberitahuan ini memiliki tujuan untuk memberi tahu kepada calon
pengguna ciptaan bahwa ciptaan tersebut telah berhak cipta.
Namun pada saat ini, semakin
berkembangnya zaman persyaratan tersebut kini pada umumnya tidak lagi
diwajibkan, terutama bagi negara-negara para anggota Konvensi Bern.
Hm … begitulah aturan-aturan
mengenai copyright . Tapi ada pula para pemegang Hak Cipta yang merasa tak
masalah apabila Hak Ciptanya digandakan oleh pihak lain tanpa persetujuan
dengannya. Namun, ketentuan ini haruslah memiliki tata aturan pula, yaitu sang
pemilik hak cipta mestilah mencantumkan lisensi yang merupakan izin yang
diberikan kepada pihak lain oleh si pemegang hak cipta tersebut untuk
mengumumkan ataupun menggandakan ciptaannya terkait dengan persyaratan
tertentu. Lisensi memiliki lambang sama seperti copyright hanya saja huruf c
dalam lingkaran pada lisensi dibalik. Lisensi juga sering atau lebih dikenal
dengan sebutan copyleft.
Jadi apabila dalam suatu hasil
ciptaan tidak terdapat lisensinya, maka kita tidak berhak untuk mengumumkan
ataupun menggandakan suatu ciptaan tanpa pesetujuan dari sang pemilik hak
cipta. Sehingga disini pemegang hak cipta memiliki wewenang untuk menegakkan
hukum atas hak ciptanya dalam hukum perdata.Tak hanya hukum perdata, namun ada
pula hukum pidana sebagai sanksinya. Secara umum yang dikenai sanksi pidana
adalah para aktivis yang melakukan pemalsuan yang serius. Biasanya sanksinya
adalam hukuman penjara paling singkat satu bulan dan paling lama tujuh tahun
yang bisa disertai dengan denda paling sedikit sejumlah satu juta rupiah dan
paling banyak lima miliar rupiah, sementara ciptaan yang merupakan hasil tindak
pidana hak cipta tersebut akan dirampas oleh Negara untuk dimusnahkan. Hal ini
sesuai dengan undang-undang nomor 19 tahun 2002 bab XIII.
Di Indonesia terbentuk berbagai
macam bentuk asosiasi-asosiasi yang menangani masalah-masalah mengenai hak
cipta. Asosiasi-asosiasi ini dibentuk sebagai salah satu bukti bahwa hak cipta
merupakan salah satu hal yang sangat dihargai dimata masyarakat. Pembentukan
asosiasi-asosiasi ini juga dutujukan agar pelanggaran-pelanggaran mengenai hak
cipta seiring dengan berjalannya waktu akan menurun secara perlahan
Prinsip keamanan dan serangan
pada web
- Prinsip dasar keamanan
Pengamanan, merupakan sebuah kata yang mutlak
ketika kita mencoba membangun sebuah website. website akan menjadi percuma
ketika dibuat sangat "molek", namun tidak serta merta memberikan
keamanan bagi admin dan penggunanya. Dalam pengamanan dikenal dengan beberapa
tingkat dan tipe. Tingkat dan tipe yang diperlukan untuk aplikasi kita akan
berbeda-beda bergantung bagaimana aplikasi itu bekerja, tipe dan nilai data
yang disimpan, jumlah resiko yang biasa dihadapi, usaha, serta biaya yang
dipakai untuk menghasilkan aplikasi yang aman. Misalnya, pengamanan yang
dibutuhkan untuk web perorangan akan sangat berbeda dibanding untuk situs
perusahaan atau situs e-commerce.
Tentu saja, situs yang berbau
komersil akan lebih ketat pengamanannya dibanding situs personal biasa.
Berikutnya, kita akan belajar beberapa jejak yang menjadi prinsip dasar
keamanan website.
- Serangan pada web
Faktor-Faktor Timbulnya Serangan :
1) Scripting
Kesalahan dalam scripting pembuatan web
adalah hal terbanyak yang dimanfaatkan oleh para attacker, sehingga rata-rata
web yang berhasil diserang melalui lubang ini. Kelemahan kelemahan scripting
yang ditemukan pada proses vulnerabilities scanning misalnya, XSS, SQL
Injection, PHP Injection, HTML Injection, dan lain sebagainya. Begitu pula pada
CMS semisal Mambo, Joomla, WordPress, dan lainnya. CMS tersebut memiliki banyak
komponen pendukung di internet yang bisa kita download, install dan
konfigurasi. Sehingga sangat memungkinkan sekali terdapat bug pada
scriptingnya. Langkah terbaik tentunya melakukan pembedahan (oprek) terhadap
script serta melakukan pengujian sebelum komponen tersebut kita gunakan pada
web yang sebenarnya. Pengujian bisa dilakukan melalui localhost pada komputer
dengan menginstall PHP, apache, dan mySQL, atau menginstall software semisal
WAMP ataupun XAMPP yang merupakan paket all in one. Untuk mengatasi hal
tersebut sebaiknya kita harus mulai belajar dan memahami scripting scripting
secara bertahap, baik HTML, PHP, javascript, dan sebagainya. CMS tersebut sebenarnya
cukup aman, namun komponen tambahan yang tidak dibuat dengan baik, tentu saja
bisa menimbulkan masalah besar bagi sistem secara keseluruhan.
2) Lubang pada Situs Tetangga.
Ini merupakan salah satu faktor yang
jarang mendapat perhatian. Sebagian webmaster kadang tidak begitu peduli ketika
web lain yang satu hosting dihacked. Mereka berpikiran, Ah, toh bukan web saya
yang kena. Padahal justru di sinilah letak kesalahannya.
Logikanya, misal web kita
ditempatkan pada perusahaan hosting A. itu artinya web kita bertetangga dengan
web milik orang lain yang berada dalam 1 hosting. Jika web tetangga tersebut
memiliki celah fatal, sehingga attacker bisa menanam program yang dijadikan
backdoor. Dengan backdoor inilah attacker bisa masuk ke dalam web kita bahkan
web lainnya. Bukan itu saja, tidak mustahil attacker melakukkan defacing
massal, termasuk web kita tentunya.
3) Hosting yang Bermasalah
Pada beberapa kasus justru tempat hosting
yang bermasalah menjadi sebab dihackednya banyak situs yang berada di bawah
pengelolaannya. Pernah terjadi situs milik sebuah perusahaan dideface. Kemudian
setelah diperbaiki, dideface lagi. Kemudian lapor ke admin perusahaan hosting,
justru balik menyalahkan pemilik situs dengan alasan yang nggak masuk akal. Kenyataannya,
justru web hosting itu yang nggak pernah di administrasi dengan baik, jarang
diupdate, dan jarang dipatch, sehingga mudah terkena serangan. Dengan model
pengelolaan yang seperti ini jangan berharap web kita akan aman. Karena itu,
pastikan tempat hosting yang digunakan benar-benar memperhatikan tingkat
keamanan bagi pelanggannya.
The Syrian Electronic Army
(SEA), atau juga dikenal sebagai Syrian Electronic Soldiers, adalah kumpulan
hacker komputer yang mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.
Menggunakan serangan denial of service, perusakan, dan metode lainnya, terutama
menargetkan kelompok oposisi politik dan situs barat, termasuk organisasi
berita dan kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik Suriah adalah publik
pertama, tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka melancarkan serangan
cyber pada lawan-lawannya, meskipun sifat yang tepat dari hubungan dengan
pemerintah Suriah tidak jelas.
Serangan elektronik (peretasan) terhadap web site barat dapat menjadi salah
satunya dan pembenaran untuk tindakan balasan ke pihak Suriah. Walau tidak
dapat menjadi pembenaran untuk invasi militer, tapi hal ini dapat membuka front
perang cyber secara besar-besaran, yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi
militer.
Hanya saja, perlu diamati dengan cermat pernyataan para pejabat anggota NATO di
media, bahwa mereka cenderung kompak. Berbeda dengan kondisi tahun 2003, dimana
struktur komando NATO terpecah, karena Perancis dan Jerman menentang invasi ke
Irak, hal itu tidak terjadi pada kasus Suriah.
Jika memang situasi semakin memanas, bukannya tidak mungkin NATO akan
memutuskan invasi militer, seperti yang terjadi pada kasus Lybia. Di sisi lain,
pihak Rusia dan China, sebagai anggota tetap dewan keamanan PBB, selalu secara
tegas menolak setiap ide pihak barat untuk melakukan invasi militer.
Hanya saja, apakah veto Rusia dan China bisa mencegah invasi, hal itu adalah
tanda tanya besar. Veto mereka terbukti tidak efektif dalam mencegah invasi
Amerika Serikat dan Inggris ke Irak pada tahun 2003.
Satu hal yang perlu dicatat, bahwa jika memang akhirnya invasi terjadi, maka
semua itu dimulai dengan perang cyber, yang sudah terjadi sejak tahun 2011.
Bagaimanapun, kita semua tidak pernah setuju akan terjadinya perang, karena
sudah pasti akan jatuh korban rakyat/sipil yang tidak berdosa. Meletakkan
senjata dan maju ke meja perundingan selalu adalah solusi yang terbaik bagi
semua pihak.
WEB CONTENT
Media
Dalam produksi media dan penerbitan, konten informasi dan pengalama dapat
memberikan nilai bagi end-user/audience dalam konteks tertentu. Konten dapat
disampaikan melalui media apapun seperti internet, televisi, dan CD audio,
serta acara live seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Konten (media)
digunakan untuk mengidentifikasi dan menilai berbagai format dan genre
informasi yang dikelola sebagai nilai tambah, dan media komponen berguna untuk
target audiens. Produksi media dan teknologi pengiriman berpotensi meningkatkan
nilai konten dengan format, penyaringan dan menggabungkan sumber-sumber asli
konten untuk hal yang baru dengan konteks yang baru. Kurang penekanan pada
nilai dari konten yang disimpan, dan lebih menekankan pada repurposing cepat,
pemakaian ulang, dan pemindahan telah menyebabkan banyak penerbit dan produser
media melihat fungsi utama mereka kurang mempunyai banyak pembuat/pencipta dan
lebih sebagai transformer dari konten.
Standard
Standar Web merupakan suatu keharusan, standar non-proprietary dan
spesifikasi teknis lainnya yang mendefinisikan dan menggambarkan aspek dari
World Wide Web. Dalam beberapa tahun terakhir, istilah ini telah lebih sering
dikaitkan dengan kecenderungan untuk membangun situs web, dan filosofi desain
web dan pengembangan yang meliputi metode-metode.
Standar web satu sama lain saling tergantung, beberapa di antaranya mengatur
aspek internet, bukan hanya World Wide Web (Sebuah Situs). Bahkan ketika web
tidak terpantau, standar tersebut secara langsung atau tidak langsung
mempengaruhi perkembangan dan administrasi situs web dan layanan web.
Pertimbangannya adalah interoperabilitas, aksesibilitas dan kegunaan dari
halaman web dan situs web.
Standar web, dalam arti yang lebih luas, terdiri dari:
· Recommendations published by the World Wide Web Consortium (W3C)
· Internet standard (STD) documents published by the Internet Engineering Task Force (IETF)
· Request for Comments (RFC) documents published by the Internet Engineering Task Force
· Standards published by the International Organization for Standardization (ISO)
· Standards published by Ecma International (formerly ECMA)
· The Unicode Standard and various Unicode Technical Reports (UTRs) published by the Unicode Consortium
· Name and number registries maintained by the Internet Assigned Numbers Authority (IANA)
Standar web bukanlah merupakan aturan, tetapi terus berkembang dan
disesuaikan dengan teknologi web. Standar web yang dikembangkan oleh suatu
organisasi sering bersaing kadang disewakan oleh teknologi yang tidak sesuai
dengan standarisasi publik dan dinyatakan sebagai standar oleh satu individu
atau perusahaan.
BAHASA DALAM WEB
Dalam sebuah web kita memerlukan sebuah bahasa pemrograman.
Sekarang kita bisa dengan mudah membuat suatu website yang geratis atau
dengan membayar. Sebenarnya apakah fungsi dari website itu sendiri? Website
dapat digunakan untuk mengeshare berbagai ilmu dan pengetahuan sehingga banyak
orang dapat mengetahuinya.
Banyak bahasa pemrograman seperti HTML, joomla, java, bahasa C, C++, PHP,
dll.
Tapi PHP mempunyai kelebihan dari bahasa pemograman yang lainnya yang
diantaranya :
• Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.• Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, nginx, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
• Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
• Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
• PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows)
dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system
KEBERAGAMAN BUDAYA
Kemajuan IPTEK yang begitu pesat pada saat ini, memiliki banyak sekali
pengaruk bagi kebudayaan yaitu salah satunya Bergesernya Nilai-nilai
Budaya.Bangsa kita adalah bangsa yang besar, maksudnya Bangsa yang besar adalah
bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah yang tepat
untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang Indonesia mulai dari Sabang
sampai Merauke. Beribu – ribu pulau, suku, bahasa, adat, membuat Indonesia
menjadi salah satu daya tarik dan Negara yang paling kaya dipandang dari
budayanya. Secara matematis kita tidak dapat menghitung betapa melimpahnya
kekayaan budaya kita
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun yang dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun yang dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Perubahan dalam hidup boleh terjadi akan budaya dengan nilainya yang tak
terhingga akan tetap menjadi simbol bagi orang Indonesia dalam kehidupannya.
Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat saat ini akan tetapi dalam setiap
kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang
dilaksanakan.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Dari sekian banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya
adalah bidang teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk
selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan
memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan.
Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagaimana jika perkembangan teknologi membawa pengaruh negatif dalam hidup manusia ? apakah pengaruh negatif dari teknologi mempengaruhi pergeseran nilai – nilai budaya dalam kehidupan manusia ? Kedua pertanyaan ini menjadi wajar apabila kita perhatikan dengan seksama dampak dari kemajuan saat ini.
Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini juga membawa pengaruh yang kurang baik atau negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran tekologi yang sedemikian canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang dikehendakinya.
Pertanyaan kedua apakah pengaruh negatif teknologi mempengaruhi bergesernya nilai – nilai budaya dalam masyarakat, jawabannya iya. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuan manusia itu sendiri, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya justru teknologi tersebut disalah gunakan. Misalnya lewat teknologi internet atau dunia maya orang akan semakin mudah mengakses situs – situs porno yang justru itu datang dari kaum muda, hal ini tentu membuat pergeseran norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Ini menjadi satu contoh dari sekian banyak contoh yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat.
Contoh lain adalah dampak teknologi adalah dalam bidang militer, berpuluh – puluh macam senjata dicipatakan untuk membunuh manusia, kemana larinya budaya untuk saling menolong, menghargai sesama manusia kalau teknologi yang diciptakan justru dipakai untuk membunuh manusia sendiri. Yang paling hangat dalam ingatan kita tentunya kasus penculikan dan perkosaan yang dilakukan oleh pelajar beberapa waktu lalu yang justru dilakukan setelah pada mulanya berkenalan lewat media teknologi jejaring sosial online facebook. Dengan begitu mudahnya orang dapat mengakses informasi diri dan menyebarluaskan kepada sesama teman, akibatnya prostitusi pun dapat dilakukan lewat dunia maya ini yang justru merupakan efek dari perkembangan teknologi modern. Dan masih banyak lagi contoh betapa perkembangan teknologi yang begitu canggih justru disalah gunakan mengakibatkan bergesernya nilai – nilai budaya umat manusia itu sendiri.
Dalam upaya mempertahankan nilai nilai budaya dalam lingkungan masyarakat tentunya dibutuhkan kerja yang eksta, mengingat bahwa nilai – nilai budaya dalam masyarakat menentukan pula perkembangan kehidupan sosial masyarakat itu sendiri. Mereka yang mampu bertahan di tengah kehidupan teknologi yang semakin canggih tentunya akan mendapatkan kehidupan yang diinginkan, demikian sebaliknya.
Bagaimana upaya mempertahankan nilai – nilai budaya dalam kehidupan masyarakat ? ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia dalam upaya membentengi diri dari arus negatif teknologi. Beberapa hal tersebut antara lain :
Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagaimana jika perkembangan teknologi membawa pengaruh negatif dalam hidup manusia ? apakah pengaruh negatif dari teknologi mempengaruhi pergeseran nilai – nilai budaya dalam kehidupan manusia ? Kedua pertanyaan ini menjadi wajar apabila kita perhatikan dengan seksama dampak dari kemajuan saat ini.
Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini juga membawa pengaruh yang kurang baik atau negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran tekologi yang sedemikian canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang dikehendakinya.
Pertanyaan kedua apakah pengaruh negatif teknologi mempengaruhi bergesernya nilai – nilai budaya dalam masyarakat, jawabannya iya. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuan manusia itu sendiri, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya justru teknologi tersebut disalah gunakan. Misalnya lewat teknologi internet atau dunia maya orang akan semakin mudah mengakses situs – situs porno yang justru itu datang dari kaum muda, hal ini tentu membuat pergeseran norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Ini menjadi satu contoh dari sekian banyak contoh yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat.
Contoh lain adalah dampak teknologi adalah dalam bidang militer, berpuluh – puluh macam senjata dicipatakan untuk membunuh manusia, kemana larinya budaya untuk saling menolong, menghargai sesama manusia kalau teknologi yang diciptakan justru dipakai untuk membunuh manusia sendiri. Yang paling hangat dalam ingatan kita tentunya kasus penculikan dan perkosaan yang dilakukan oleh pelajar beberapa waktu lalu yang justru dilakukan setelah pada mulanya berkenalan lewat media teknologi jejaring sosial online facebook. Dengan begitu mudahnya orang dapat mengakses informasi diri dan menyebarluaskan kepada sesama teman, akibatnya prostitusi pun dapat dilakukan lewat dunia maya ini yang justru merupakan efek dari perkembangan teknologi modern. Dan masih banyak lagi contoh betapa perkembangan teknologi yang begitu canggih justru disalah gunakan mengakibatkan bergesernya nilai – nilai budaya umat manusia itu sendiri.
Dalam upaya mempertahankan nilai nilai budaya dalam lingkungan masyarakat tentunya dibutuhkan kerja yang eksta, mengingat bahwa nilai – nilai budaya dalam masyarakat menentukan pula perkembangan kehidupan sosial masyarakat itu sendiri. Mereka yang mampu bertahan di tengah kehidupan teknologi yang semakin canggih tentunya akan mendapatkan kehidupan yang diinginkan, demikian sebaliknya.
Bagaimana upaya mempertahankan nilai – nilai budaya dalam kehidupan masyarakat ? ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh manusia dalam upaya membentengi diri dari arus negatif teknologi. Beberapa hal tersebut antara lain :
1. Memperkenalkan pentingya nilai – nilai budaya kepada anak sejak usia dini
2. Memberikan pemahaman kepada anak, masyarakat dan elemen lainnya betapa vitalnya nilai – nilai budaya terhadap kehidupan
3. Memberikan batasan terhadap hal yang bersifat negatif yang masuk dalam hidup dan kehidupan suatu masyarakat
4. Menjadikan nilai – nilai budaya sebagai ujung tombak dari norma kehidupan keluarga dan masyarakat
5. Menjunjung tinggi nilai – nilai budaya
6. Memandang teknologi dengan segala kemajuan dan perubahannya dalam arti yang positif
7. Menggunakan fasilitas kemajuan teknologi untuk hal yang baik dan positif
8. Sebagai orang tua wajib untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak, baik dalam penggunaan teknologi atau pergaulan sehari-hari.
2. Memberikan pemahaman kepada anak, masyarakat dan elemen lainnya betapa vitalnya nilai – nilai budaya terhadap kehidupan
3. Memberikan batasan terhadap hal yang bersifat negatif yang masuk dalam hidup dan kehidupan suatu masyarakat
4. Menjadikan nilai – nilai budaya sebagai ujung tombak dari norma kehidupan keluarga dan masyarakat
5. Menjunjung tinggi nilai – nilai budaya
6. Memandang teknologi dengan segala kemajuan dan perubahannya dalam arti yang positif
7. Menggunakan fasilitas kemajuan teknologi untuk hal yang baik dan positif
8. Sebagai orang tua wajib untuk memberikan pengawasan ekstra kepada anak, baik dalam penggunaan teknologi atau pergaulan sehari-hari.
Memang dalam penerapannya terkadang sulit untuk mengikuti keinginan dibanding
kata hati, akan tetapi untuk hidup yang lebih baik kita dituntut untuk
melakukan perubahan dalam hidup kita.
Setinggi apapun kemajuan teknologi yang ditawarkan kepada kita akan tetapi kita salah menggunakannya tentu akan membuat hidup kita menjadi salah jalan, justru teknologi tersebut akan menyesatkan hidup kita sehingga nilai – nilai budaya hidup kita tidak lagi sesuai dengan yang kita harapkan, akhirnya ada yang harus dikorbankan dari kejadian tersebut.
Semuanya berpulang kembali kepada kita manusia sebagai makluk sosial, apakah teknologi yang sedemikian canggih ini dapat kita maksimalkan penggunaannya atau justru perkembangan teknologi yang menyeret kita pada hancurnya kebudayaan kita ? kita semualah yang akan menjawabnya.
Setinggi apapun kemajuan teknologi yang ditawarkan kepada kita akan tetapi kita salah menggunakannya tentu akan membuat hidup kita menjadi salah jalan, justru teknologi tersebut akan menyesatkan hidup kita sehingga nilai – nilai budaya hidup kita tidak lagi sesuai dengan yang kita harapkan, akhirnya ada yang harus dikorbankan dari kejadian tersebut.
Semuanya berpulang kembali kepada kita manusia sebagai makluk sosial, apakah teknologi yang sedemikian canggih ini dapat kita maksimalkan penggunaannya atau justru perkembangan teknologi yang menyeret kita pada hancurnya kebudayaan kita ? kita semualah yang akan menjawabnya.
Model Generatif (GENERATIVE MODEL)
Secara tradisional, objek 3D dan dunia virtual ditentukan oleh daftar
geometris yang terdahulu : kubus dan bola di bentukan CSG, NURBS patch, satu
set fungsi implisit, segitiga, atau hanya dengan sebuah titik.
Istilah ‘generatif model’ menjelaskan perubahan paradigma dalam deskripsi bentuk,
generalisasi dari objek yang dioperasikan : sebuah bentuk digambarkan oleh
urutan langkah-langkah pengolahan, bukan hanya hasil akhir dari penerapan
operasi. Desain bentuk menjadi desain aturan. Desain bentuk menjadi desain
aturan. Pendekatan ini sangat umum dan dapat diterapkan pada setiap
representasi bentuk yang menyediakan satu set untuk menghasilkan sebuah fungsi,
‘operator bentuk dasar’ (elementary shape functions) . Efektivitasnya telah
dibuktikan, misalnya, di bidang pembuatan grid , dengan operator Euler sebagai
pelengkapnya dan penutup set yang menghasilkan fungsi untuk sebuah perangkap
dan beroperasi pada tingkat halfedge.
Contoh Generative Model :
Pemodelan generatif mempunyai keuntungan yang efisiensi untuk menciptakan
bentuk-operator tingkat tinggi dari operator bentuk tingkat rendah. Setiap
urutan langkah-langkah pengolahan dapat dikelompokkan secara bersama-sama untuk
menciptakan ‘operator gabungan’ yang baru. Ini mungkin menggunakan operator
dasar serta operator gabungan lainnya. Nilai yang konkret dapat dengan mudah
diganti dengan parameter, yang memungkinkan untuk memisahkan data dari suatu
operasi: Urutan pemrosesan yang sama dapat diterapkan pada set data input yang
berbeda. Data yang sama dapat digunakan untuk menghasilkan bentuk yang berbeda
dengan menerapkan operator gabungan yang berbeda, misalnya, sebuah perpustakaan
operator dengan model domain-dependen. Hal ini memungkinkan untuk membuat objek
yang sangat kompleks dari beberapa parameter input tingkat tinggi, seperti misalnya
sebuah perpustakaan (library style).
Generatif bahasa pemodelan GML adalah implementasi konkret dari pendekatan
generatif. Fitur utamanya adalah penuh dengan bahasa pemrograman yang
fungsional namun tetap dapat digunakan secara efisien sebagai format file untuk
deskripsi tingkat rendah.
Rhetorical Web
Rhetorical Web adalah fitur yang signifikan dari WWW , bahwa hiperlink
bisa mengoperasikan secara semantik dan navigational . Di sisi lain , tautan
(link) menyarankan asosiasi yang berarti antara halaman web dan isi dari
halaman web , dan bisa memfasilitasi ciptaan tropis (tropic creation)
yang berguna . Tautan dan asosiasi ini dapat dibaca secara kritis , disarankan
tentang cara berfikir hubungan antara halaman suatu web dan isi halaman suatu
web yang dimaksud atau tidaknya oleh si pembuat (author).
Disisi lain, hiperlink juga merupakan jalan navigational : suatu tempat yang
memiliki pergerakan dari satu halaman ke halaman lainnya. Dalam konteks ini,
banyak pertanyaan yang dapat muncul tentang bagaimana suatu link dapat
memfasilitasi atau menghalangi suatu pergerakan: sebagai contoh, bagaimana
sebuah perangkat lunak menyaring atau memblocking suatu akses ke situs
tertentu, secara langsung juga memblokir akses ke situs lain yang terhubung
dengannya (situs yang diblokir), termasuk situs yang bisa diakses melalui situs
yang sudah diblokir. Masalah akses, masalah dorongan implisit beserta jalan
tertentu dan tarikan terhadap yang lainnya, masalah dari penanda suatu tempat
yang membantu pengguna mengetahui dimana mereka saat di web space, sebagai
lawan mereka yang cenderung untuk membiarkan mereka tersesat, semua hal penting
dari desain bukan hanya karena mereka dapat melemahkan atau mencegah pengguna
(khususnya pengguna pemula), tetapi juga karena mereka menentukan jalan
penemuan yang difasilitasi atau tertutup.
Contoh Rhetorical Web:
Web AnnotationsTagging
Tagging adalah kata yang belum lama dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet berserakan dan tidak tersusun berdasarkan kategorinya.
Hal itu bagaikan, perpustakaan tanpa ada pengurusnya atau pustakawan. Nah sekarang dengan adanya tagging, para pengguna internet diminta saling membantu untuk menyusun informasi berdasarkan kategori, popularitas dan kesukaannya, termasuk juga berita-berita terkini.
Google pun diam-diam sudah memasukkan sistem tag, semacam fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini memungkinkan Anda melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap situs web yang Anda kunjungi.
Metadata
Metadata adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.
Fungsi metadata
Metadata memberikan fungsi yang sama seperti katalog yaitu:
· mengidentifikasi sumberdaya
· mengelompokkan sumberdaya yang serupa
· membedakan sumberdaya yang tak miliki kesamaan
· memberikan informasi lokasi
Jenis metadata
Terdapat tiga jenis utama metadata:
· Metadata deskriptif menggambarkan suatu sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci.
· Metadata struktural menunjukkan bagaimana kumpulan obyek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab.
· Metadata administratif menyediakan informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.
Rich Snippet
Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan. Rich snippet ini membuat hasil pencarian untuk blog anda tampak berbeda sehingga bisa menaikkan tingkat klik yang anda peroleh.
Anda bisa menambahkan rich snippet pada HTML blog atau website anda untuk membantu Google menghidangkan informasi tambahan bagi pengunjungnya. Ada 3 tahap yang bisa anda lakukan untuk membuat Rich Snippet pada blog anda.
#1 Pilih HTML Markup Format Untuk Rich Snippet Anda
Google menyarankan agar kita menggunakan microdata. Tapi salah satu dari ketiga format di bawah ini boleh anda gunakan untuk melakukan markup HTML.
· Microdata
· Microformat
· RDFa
#2 Markup HTML Blog Anda
Ada beberapa jenis rich snippets yang bisa anda pilih sesuai dengan blog anda. Beberapa di antaranya
adalah:
· Ulasan/Review ada juga rich snippet dengan foto/gambar profil tanpa daftar google plus
· Data Orang
· Data Produk
· Data Bisnis dan Organisasi
· Resep
· Peristiwa
· Video, dan
· Musik
#3 Tes Tampilan Rich Snippet
Jika anda sudah selesai melakukan markup, silahkan membuka alamat URL Rich Snippets Testing Tool. Alat ini akan membantu anda untuk melihat hasil yang akan ditampilkan Google pada hasil pencarian. Anda tinggal memasukkan salah satu URL dari halaman artikel anda pada kotak URL yang disediakan. Tunggu beberapa saat untuk melihat hasil rich snippet blog saudara.
Walaupun alat ini sudah memperlihatkan hasil yang anda inginkan, tapi Google membuat pernyataan bahwa tidak ada jaminan mereka akan menggunakan data yang anda berikan. Karena Google tetap mempunyai algoritma yang mandiri untuk membandingkan rich snippets anda dengan kualitas dari blog itu sendiri.
Lalu bagaimana jika setelah pengujian ternyata rich snippets gagal terpasang?
Ada banyak faktor yang menyebabkan rich snippets tidak tampil sesuai yang kita kehendaki. Jika hal itu terjadi maka Google merekomendasikan untuk memeriksa beberapa hal dari markup yang kita lakukan pada HTML blog kita. Cek sekali lagi kode markup anda, dan sesuaikan dengan standar kode Google.
STRUKTUR WEB
Link Structure
Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
· Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
· Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
· Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
· Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs
Struktur Situs Web :
· Struktur Linear
· Struktur Grid
· Struktur Hierarki
Struktur Linear :
· Struktur linear murni
· Struktur linear dengan halaman tambahan
· Struktur linear dengan halaman pilihan
· Struktur linear dengan halaman alternatif
Struktur Linear murni :
· Digunakan untuk situs-situs web yang kecil, seperti personal page.
· Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10 halaman.
· Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
· Kelemahan struktur jenis ini adalah ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
· Pada situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.
Struktur linear tambahan :
· Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi sama seperti struktur linear murni
· Uraian ini cocok untuk membuat sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.
· Kelemahan struktur ini sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.
Struktur linear dengan halaman pilihan :
· Pada struktur ini pengunjung diberi pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman berikutnya.
· Struktur ini banyak digunakan pada sebagian besar situs web yang ada.
· Cocok digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.
Struktur linear dengan halaman alternatif :
· Pada dasarnya sama dengan struktur linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah halaman.
· Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari struktur linear murni.
· Struktur ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman alternatif.
Struktur Grid
· Merupakan perluasan dari struktur linear murni.
· Struktur ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.
Struktur Hierarki
· Sangat banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
· Menggunakan sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.
· File-file yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
· Pada struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.
Sumber :
-http://delvinoadam.blogspot.com/2013_06_01_archive.html
-http://amybachtiar.blogspot.com/2011/04/sejarah-w3c-world-wide-web-consortium.html
-http://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Engineering_Task_Force
-http://info-privacy.blogspot.com/2012/11/hukum-privasi-di-cyberspace.html
-http://en.wikipedia.org/wiki/content (media and publishing)
-Standar: http//en.wikipedia.org/wiki/web standards
-Keberagaman Budaya: http://koeeko.wordpress.com/2011/03/20/pengaruh-iptek-bagi-keberagaman-budaya/
-Generatif model: http://www.generative-modelling.org/
-Rhetorical web :http://faculty.education.illinois.edu/burbules/papers/rhetorics.html
-Web annotations: http://volume08.wordpress.com/2009/09/02/tagging-adalah/
0 komentar:
Posting Komentar