• SWOT dalam Bisnis Informatika

    Analisis SWOT




    Pengertian analisis 

    SWOT dan manfaatnya – Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangkan panjang.

    Atau definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang di hadapi.

    Berikut ini merupakan penjelasan dari SWOT (David,Fred R.,2005:47) yaitu :



    1. Kekuatan (Strenghts) Kekuatan adalah sumber daya, keterampilan, atau keungulan-keungulan lain yang berhubungan dengan para pesaing perusahaan dan kebutuhan pasar yang dapat dilayani oleh perusahaan yang diharapkan dapat dilayani. Kekuatan adalah kompetisi khusus yang memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan di pasar

    2. Kelemahan (Weakness) Kelemahan adalah keterbatasan atau kekurangan dalam sumber daya, keterampilan, dan kapabilitas yang secara efektif menghambat kinerja perusahaan. Keterbatasan tersebut daoat berupa fasilitas, sumber daya keuangan,kemampuan manajemen dan keterampilan pemasaran dapat meruoakan sumber dari kelemahan perusahaan.

    3. Peluang (Opportunities) Peluang adalah situasi penting yang mengguntungkan dalam lingkungan perusahaan. Kecendrungan – kecendrungan penting merupakan salah satu sumber peluang, seperti perubahaan teknologi dan meningkatnya hubungan antara perusahaan dengan pembeli atau pemasokk merupakan gambaran peluang bagi perusahaan.

    4. Ancaman (Threats) Ancaman adalah situasi penting yang tidak menguntungan dalam lingkungan perusahaan. Ancaman merupakan pengganggu utama bagi posisi sekarang atau yang diinginkan perusahaan. Adanya peraturan-peraturan pemerintah yang baru atau yang direvisi dapat merupakan ancaman bagi kesuksesan perusahaan.

    Manfaat SWOT

    Analisis SWOT bermanfaat apabila telah secara jelas ditentukan dalam bisnis apa perusahaan beroprasi, dan arah mana perusahaan menuju ke masa depan serta ukuran apa saja yang digunakan untuk menilai keberhasilan manajemen dalam menjalankan misinya dan mewujudkan visinya. Manfaat dari analisis SWOT adalah merupakan strategi bagi para stakeholder untuk menetapkan sarana-sarana saat ini atau kedepan terhadap kualitas internal maupun eksternal.


    Salah satu langkah pertama dalam mengimplementasikan strategi adalah menfidentifikasi factor-faktor penentu kesuksesan (critical success factors- CSF) yang harus menjadi focus perusahaan untuk meraih kesuksesan. Analisis SWOT (SWOT Analysis0 merupakan prosedur sistematis untuk mengidentifikasi CSF yang dmiliki oleh perusahaan: kekuatan dan kelemahan internal, serta peluang dan ancaman eksternal. Kekuatan adalah keterampilan dan sumber daya yang dimiliki perusahaan jauh melebihi perusahaan lain. Keterampilan atau kompetensi yang secara khusus digunakan perusahaan dengan sangat baik disebut kompetensi utama (core competencies).


    Kekuatan dan kelemahan paling mudah diidentifikasi dengan cara melihat sumber daya spesifik yang ada dalam perusahaan:
    • Lini produk
    • Manajemen
    • Penelitian dan pengembangan
    • Operasi
    • Pemasaran
    • Strategi
    Peluang dan ancaman dapat diidentifikasi dengan cara melihat faktor-faktor yang ada di luar perusahaan. Peluang dan ancaman paling mudah diidentifikasi dengan cara melakukan analisis terhadap industry dan competitor perusahaan, sebagai berikut:
    • Hambatan untuk masuk
    • Intensitas kompetisi diantara competitor
    • Tekanan dari produk pengganti
    • Kekuatan posisi tawar pelanggan
    • Kekuatan posisi tawar pemasok















    Sumber : 
    https://rizkinovriansyah.wordpress.com/2015/12/15/tugas-softskill-pbi-ke-3-analisa-swot-pada-diri-sendiri-analisa-swot-pada-website/
    https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT
    http://www.kajianpustaka.com/2013/03/strenghts-weakness-opportunities.html
    http://charlessimbolon.blogspot.com/2014/11/tujuan-manfaat-dan-fungsi-analisis-swot.html
    http://aprililmuttaqin.blogspot.com/2014/01/analisis-swot-kekuatan-kelemahan.html


  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Titis Melanty. Diberdayakan oleh Blogger.
    I WISH I COULD TELL SOMEBODY SOMETHING I FEEL, NO BODY KNOW I'VE GOT A CRUSH ON YOU!

    it's me

    Foto saya
    Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
    Hello i am an UI/UX Designer. I loved my job as well :).

    song

    [soundcloud url="https://api.soundcloud.com/tracks/58645722" params="auto_play=false&hide_related=false&show_comments=true&show_user=true&show_reposts=false&visual=true" width="100%" height="450" iframe="true" /]

    Click here for Myspace Layouts
    ADDRESS

    South Tangerang, Indonesia

    EMAIL

    titismelll@gmail.com

    Copyright © 2017 T-M. Designed By Portfolio Blogger Template | Distributed By Gooyaabi Templates
    Made With