• Struktur Web (Bab 6)


     

    Nama kelompok 2ia03 :
    1.  FITRAH SYUHADA                               58412307
    2. JOY YAKIN TURKANA PERANGI       53412979
    3. REINHART BINSAR HAMONANGA   56412093
    4. TITIS MELANTY                                    57412407

    98% website yang ada di internet memiliki layout seperti ini:




    Header atau bagian atas umumnya berisi logo perusahaan dan navigasi utama. Footer atau bagian bawah berisi copyright dan informasi level dua yang tidak terlalu penting namun perlu. Content atau isi website ini kadangkala juga berisi navigasi level dua. Mengenai perlu atau tidaknya navigasi di content berhubungan erat dengan banyak sedikitnya produk anda. Jika produk anda diatas 20 macam, sudah dipastikan anda membutuhkan navigasi di dalam content ini, tempatnya boleh di sisi kiri atau sisi kanan.
    Semakin banyak produk anda, semakin kompleks pula layoutnya (dan semakin bingung pula pengunjung anda. Usahakan untuk mengkategorikan produk anda sekecil mungkin, idealnya antara empat sampai enam kategori utama. Jika masih saja tidak memungkinkan, pertimbangkan untuk membuat website baru yang menampung kategori yang bisa dipisahkan dari kategori utamanya.




    kategori umum & kategori khusus website

    Kategori umum adalah link-link yang pasti ada dalam sebuah website, antara lain:
    • About Us
    • Contact Us
    • Social Media: Facebook pages atau twitter
    • Site map
    Kategori khusus adalah kategori produk anda sendiri. Jumlahnya berbeda-beda antar satu website dengan web lainnya.



    Sumber:
    http://membuatwebs.com/tutorial/merancang-struktur-website.html



    Struktur Link



    Link adalah susunan teks yang menunjuk kepada suatu halaman dari sebuah situs di Internet. Contoh: http://images.google.com adalah sebuah link yang menunjuk kepada layanan pencarian gambar dari Google.



    Untuk membuat link rahasianya adalah sebagai berikut:
    <a href=”link”> judul </a>
    <a> adalah tag yang kita gunakan untuk mendefinisikan sebuah hyperlink.
    Yang paling penting dari tag <a> adalah 'href 'nya yang menunnjukkan tujuan.
    Secara default link ditampilkan sebagai berikut:
    - link yang belom pernah dikunjungi berwarna biru dan bergarisbawah
    - link yang sudah dikunjungi berwarna ungu dan bergarisbawah
    - link yang sedang aktif warnanya merah dan bergarisbawah





    Kita bisa mengganti “link” dengan nama halaman yang akan kita tuju dan kita juga bisa memberikan judul yang menjelaskan singkat apa yang akan kita tuju.



    Link yang baik.
    Link yang baik itu punya kata kunci tentang tempat yang dituju oleh link itu.
    Contoh: http://fitsyu.tumblr.com/software-gallery/QlessQt.html
    Jelas bahwa link di atas menunjuk kepada koleksi perangkat lunak buatan seseorang.

    Link dapat diberi judul untuk memberikan penjelasan singkat tentang tujuan link tersebut.

    Dofollow dan nofollow
    dofollow pada link bertujuan untuk memberitahukan robot dari mesin pencari untuk mengikuti atau menelusuri link tersebut. dalam arti yang luas, rel="dofollow" memberitahukan link tersebut penting bagi web tersebut. Dofollow akan memberikan suara pada link tersebut (backlink).
    Sedangkan untuk rel nofollow adalah kebalikan dari dofollow, sehingga robot tidak akan menelusuri link.

    Manfaat dofollow dan nofollow
    dofollow akan meningkatkan peringkat suatu web (pagerank). Sedangkan nofollow akan membantu meningkatkan SERP (search engine ranking page) atau peringkat pencarian.

    Permalink.
    Permalink adalah permanent link yang hanya dimiliki oleh sebuah halaman, dari halaman web yang ada di dunia ini, tidak akan ada satu pun yang memiliki permalink yang sama.
    contoh : http://fitsyu.tumblr.com/software-gallery/QlessQt.html




    Sumber:
    http://www.w3schools.com/tags/tag_a.asp


    Situs jejaring sosial



    Layanan jejaring sosial adalah layanan dalam jaringan, platform, atau situs yang bertujuan memfasilitasi pembangunan jaringan sosial atau hubungan sosial di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan, aktivitas, latar belakang, atau hubungan dunia nyata yang sama. Suatu layanan jejaring sosial terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (biasanya berupa profil), hubungan sosialnya, dan berbagai layanan tambahan. Kebanyakan layanan ini berbasis web dan penggunanya berinteraksi melalui Internet, seperti surat elektronik dan pesan instan. Layanan komunitas dalam jaringan kadang dianggap sebagai layanan jejaring sosial, meski dalam artian yang lebih luas layanan jejaring sosial bersifat terpusat pada individu, sementara layanan komunitas daring bersifat terpusat pada grup. Situs-situs jejaring sosial memungkinkan pengguna berbagi ide, aktivitas, acara, dan ketertarikan di dalam jaringan individunya masing-masing.

    Blogosphere

    Blogosphere adalah suatu interkoneksi / interaksi antar blog yang tergabung dalam sebuah  domain dan domain tersebut tergabung dalam lingkup jaringan / internet,  Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top site, blogspot  termasuk juga dengan blog directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis postingan, ada berupa blog berita, blog hoby , blog forum, blog komunitas, blog iformasi dll.Istilah Blogosphere muncul pada tahun 1999 dan mulai populer tahun 2002, walaupun lahir dari sebuah lelucon keberadaan Blogosphere kini menjadi sebuah ikon bagi blogger, banyak blogger yang menganggap belum lengkap bila seorang blogger belum tergabung ke dalam komunitas Blogosphere hingga jadi ikon  eksistensinya dalam dunia blogging
    Manfaat Blogosphere ini tak lepas kaitannya dari SEO ( Search Engine Optimization ), layaknya sebuah komunitas  keberadaan Blogosphere memberikan jalinan komunikasi antar blogger, membuat akses posting  yg popular dan menjadi sebuah trend, atau mengupdate suatu bahasa dan kosakata untuk sebuah komunitas blog sehingga menjadi kepopuleran tersendiri.
    Sumber:
    http://www.inforiatif.com/pengertian-blogosphere
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Titis Melanty. Diberdayakan oleh Blogger.
    I WISH I COULD TELL SOMEBODY SOMETHING I FEEL, NO BODY KNOW I'VE GOT A CRUSH ON YOU!

    it's me

    Foto saya
    Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
    Hello i am an UI/UX Designer. I loved my job as well :).

    song

    [soundcloud url="https://api.soundcloud.com/tracks/58645722" params="auto_play=false&hide_related=false&show_comments=true&show_user=true&show_reposts=false&visual=true" width="100%" height="450" iframe="true" /]

    Click here for Myspace Layouts
    ADDRESS

    South Tangerang, Indonesia

    EMAIL

    titismelll@gmail.com

    Copyright © 2017 T-M. Designed By Portfolio Blogger Template | Distributed By Gooyaabi Templates
    Made With