• Pengantar Bisnis Informatika


    Nama : Titis Melanty
    Kelas : 4IA03
    Npm : 57412407
    Tugas Softskill Semester 7


    Pengantar Bisnis Informatika


    1. Pengertian Bisnis

    Bisnis→berasal dari business →busy →sibuk. “Sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan”. “Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau

    bisnis lainnya” (ilmu ekonomi).
     
    Konteks : individu, komunitas ataupun masyarakat.

    Bisnis dalam arti luas adalah suatu istilah umum yang menggambarkan semua aktivitas dari institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
     

    2. Definisi Informatika

    Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.
     

    3. Bisnis Informatika

    Bisnins informatika merupakan aktivitas dari institusi yang memproduksi barang dan jasa menggunakan aplikasi tersendiri dalam bidang aspek kognitif dan sosial.
     

    4. Fungsi Bisnis

    Fungsi bisnis ditinjau dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi.

    -Mikro Bisnis
    Sebagai kemampuan aktivitas bisnis yang memberikan kontribusinya pada pihak yang berperan secara langsung terhadap proses. penciptaan nilai yaitu:

    1 Pekerja/karyawan

    2. Dewan Komisaris

    3. Pemegang Saham


    -Makro bisnis
    Sebagai kemampuan aktifitas bisnis dalam memberikan kontribusinya pada pihak-pihak yang terlibat secara tidak langsung dalam pembentukan dan pengendalian bisnis yaitu:

    1 Masyarakat sekitar perusahaan (Masyarakat Global)
    2. Bangsa dan Negara

    5. Perkembangan Bisnis

    Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank.
    Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang kerakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank.
    Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya. Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi.
    Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam-macam usaha kecil lainnya juga telah banyak menggunakan komputer.
     

    6. Aspek Bisnis

    1. Kegiatan individu dan kelompok

    Kegiatan bisnis dapat dilakukan baik oleh individu (perorangan) ataupun kelompok (perusahaan).

    2. Penciptaan nilai

    Bisnis didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melaluipenciptaan 4 jenis kegunaan yaitu kegunaan bentuk (form utility),kegunaan tempat (place utility), kegunaan waktu (time utility) dan kegunaan kepemilikan (possession utility).

    3. Penciptaan barang dan jasa

    Boleh memilih menciptakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

    4. Keuntungan melalui transaksi

    Setiap usaha didirikan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu, salah satunya adalah keuntungan.

    7. Proses Bisnis

    Proses bisnis adalah suatu kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan. Beberapa karakteristik umum yang dianggap harus dimiliki suatu proses bisnis adalah:
     
    1. Definitif: Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, masukan, serta keluaran yang jelas.
    2. Urutan: Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.
    3. Pelanggan: Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
    4. Nilai tambah: Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada penerima.
    5. Keterkaitan: Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur organisasi.
    6. Fungsi silang: Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.
    Sering kali pemilik proses, yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap kinerja dan pengembangan berkesinambungan dari proses, juga dianggap sebagai suatu karakteristik proses bisnis.

    8. Karakteristik Bisnis

    1. Kompleksitas dan keanekaragaman
    Misalnya berupa kelompok industri dari berbagai macam sektor.

    2. Saling ketergantungan
    Saling membutuhkan diantara perusahaan, output yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain., hubungan ketergantungan dalam istilah ekonomi disebut sebagai industri hilir dan industri hulu.

    3. Perubahan dan inovasi
    Diperlukan oleh bisnis karena menghadapi perubahan lingkungan bisnisyang cepat. Perubahan ini demi memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada konsumen.
     
    Alternatifnya adalah :
    - mengembangkan produk yang sudah ada
    -menciptakan produk-produk baru


    9. Contoh Bisnis Informatika sehari-hari



    1. E-commerce

    Istilah ini sudah tidak asing lagi di kalangan bisnis dan informatika. karena e-commerce ini merupakan suatu suatu usaha yang berkaitan dengan jual beri produk dengan menggunakan media online (internet). Seperti yang sudah dikenal banyak orang saat ini yaitu kaskus.com, hlj.com, dan beberapa situs lainnya. Selain itu, online shop yang banyak di jejaring sosial seperti facebook ataupun twitter juga termasuk ke dalam contoh e-commerce.

    2. Smart Card

    Contoh dari pengembangan teknologi informasi yang di implementasi ke dunia kesehatan. Prinsip dari Smart Card ini tidah jauh beda dari pemakaian kartu kredit (ATM) yang banyak digunakan di bank.




    Sumber :

    http://faris6593.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika-semester-7-gunadarma.html

    http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&frm=1&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0CBoQFjAAahUKEwj17oSUnL_IAhXVBo4KHUfeB1Q&url=http%3A%2F%2Fratriptyas.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F37763%2FBAB%2B1%2BKONSEP%2BDASAR%2BBISNIS.pdf&usg=AFQjCNHAO6RtyfsEfDxKSrIzf1ewRPt8Xw&sig2=LEfuxjxvAj39xbkvMWzNXQ&bvm=bv.104819420,d.c2E

    http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&frm=1&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CCAQFjABahUKEwj17oSUnL_IAhXVBo4KHUfeB1Q&url=http%3A%2F%2Flista.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F26044%2FSistem%2BInformasi%2BBisnis.pdf&usg=AFQjCNETR4dSmh571NuDCOQWUWcO0VOprQ&sig2=aGQc2gYPsheR6KhYWKydiw&bvm=bv.104819420,d.c2E

    https://id.wikipedia.org/wiki/Informatika

    http://tiopratamaagung.blogspot.co.id/2014/10/pengantar-bisnis-informatika.html























  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    GET A FREE QUOTE NOW

    Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna aliquam erat volutpat.

    Titis Melanty. Diberdayakan oleh Blogger.
    I WISH I COULD TELL SOMEBODY SOMETHING I FEEL, NO BODY KNOW I'VE GOT A CRUSH ON YOU!

    it's me

    Foto saya
    Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
    Hello i am an UI/UX Designer. I loved my job as well :).

    song

    [soundcloud url="https://api.soundcloud.com/tracks/58645722" params="auto_play=false&hide_related=false&show_comments=true&show_user=true&show_reposts=false&visual=true" width="100%" height="450" iframe="true" /]

    Click here for Myspace Layouts
    ADDRESS

    South Tangerang, Indonesia

    EMAIL

    titismelll@gmail.com

    Copyright © 2017 T-M. Designed By Portfolio Blogger Template | Distributed By Gooyaabi Templates
    Made With